Perencanaan Pajak Dengan Reksa Dana

Perencanaan Pajak Dengan Reksa Dana


Berinvestasi di reksa dana adalah salah satu cara termudah untuk menghemat pajak, serta mendapatkan uang tambahan di samping. ELSS terutama, adalah salah satu investasi yang paling disukai untuk menghemat pajak. Selain menawarkan pembebasan pajak di bawah bagian 80C, Ekuitas Linked Tabungan Skema juga menawarkan dua keuntungan lebih memberikan investor dengan manfaat ganda dari kenaikan nilai atau capital gain, dan penghematan pajak. skema tabungan ini juga mencakup periode lock-in tiga tahun. Mari kita lihat lebih dekat manfaat penghematan pajak dari ELSS

Sumber : Kantor Konsultan Pajak Jakarta

Penghasilan Manfaat Pajak Dengan ELSS, investor bisa mendapatkan pengurangan pajak hingga Rs. 1,50 lakh bawah bagian 80C Undang-Undang Pajak Penghasilan 1961.

Singkat Lock-In Periode Tiga tahun periode lock-in dana ELSS jauh lebih pendek daripada lock-in periode yang dituntut oleh jalan investasi lain seperti PPF atau NSC bawah bagian 80C Undang-Undang Pajak Penghasilan.

Keuntungan Dividen Modal Bebas Pajak Semua dividen yang dideklarasikan di bawah ELSS dibebaskan dari pajak. Ketika unit ELSS dijual, keuntungan yang dibuat dari penjualan dianggap sebagai modal jangka panjang keuntungan dan bebas pajak.

Lebih tinggi Kembali Dalam kasus dana ELSS, sebagian besar dana tersebut diinvestasikan dalam ekuitas. Ekuitas memiliki potensi untuk menghasilkan kekayaan dalam jangka panjang, meskipun dipengaruhi oleh volatilitas jangka pendek.

Investasi dalam Ekuitas Linked Tabungan Skema adalah solusi yang bagus untuk jenis tertentu dari investor. Jika Anda adalah seorang investor mencari untuk menghasilkan kekayaan selama periode waktu yang panjang, maka ELSS adalah investasi yang baik untuk Anda. Jika Anda mencari untuk berinvestasi dalam sesuatu yang akan memberikan Anda dengan pemotongan pajak berdasarkan Pasal 80C, maka ELSS merupakan investasi yang pasti harus dipertimbangkan. Jika Anda memiliki horizon investasi waktu tiga tahun atau lebih, maka Anda dapat mempertimbangkan investasi di dana ELSS.

Ketika datang ke investasi, pendekatan investasi dalam jumlah kecil tapi secara berkala adalah strategi yang jauh lebih bijaksana dari investasi sejumlah besar dalam satu tembakan. Inilah sebabnya mengapa sistematis Rencana Investasi atau SIP adalah ide yang baik. SIP adalah metode investasi di mana Anda dapat berinvestasi dalam jumlah kecil di reksa dana, secara berkala.

Biasanya, Anda dapat mulai berinvestasi dalam SIP dengan jumlah awal Rs. 5000. Setelah itu, jumlah investasi minimum dalam Ekuitas Linked Savings Skema melalui Rencana Investasi Sistematis bisa sesedikit Rs. 500. Juga perlu diingat bahwa SIP adalah pilihan yang baik karena mereka cukup aman di pasar yang bisa sangat tak terduga. Ingat, dengan berinvestasi dalam dana penghematan pajak, Anda dapat menyimpan hingga Rs. 1,50 lakh pada pajak Anda! Jadi, pastikan Anda mendapatkan investasi Anda agar!

Tinggalkan Balasan

Comment
Name*
Mail*
Website*